Empat Pasar Kaltim Raih Penghargaan Tertib Ukur


N3, Bandung ~ Empat pasar di Kaltim,  yang berasal dari Samarinda, Kutai Tmur, Kutai Kartanegara dan Berau, tahun ini  meraih penghargaan Pasar Tertib Ukur (PTU), dari Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Sejumlah pasar yang meraih penghargaan tersebut, yakni  Pasar Merdeka di Kota Samarinda dan Pasar Sanggam Adji Delayas di Kabupaten Berau. Pasar Gerbang Raja di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Pasar Sangkulirang di Kabupaten Kutai Timur (Kutim).      
   
“Kita kembali meraih penghargaan dari pusat. Khususnya bagi pasar tradisional dan telah ditetapkan sebagai Pasar Tertib Ukur Tahun 2015 oleh Kementrian Perdagangan, penyerahan penghargaan berlangsung di Bandung pada 25 November,” kata Kepala UPTD Metrologi H Erwinsyah.

Menurut dia, empat pasar tersebut ditetapkan sebagai PTU setelah dilakukan evaluasi dan penilaian oleh tim evaluasi dari Kementrian Perdagangan. Hasil evaluasi tim menyatakan bahwa pasar-pasar itu telah memenuhi persyaratan sebagai pasar tertib ukur.

Penghargaan tersebut diperoleh, berkat kerjasama dan dukungan pedagang, Pemkab dan Pemkot serta UPTD Metrologi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kaltim yang melakukan pelayanan tera dan tera ulang secara tuntas.

Erwin menjelaskan tera dan tera ulang yang dilakukan UPTD Metrologi bersama instansi terkait di kabupaten dan kota sebagai upaya memberikan jaminan kepastian hasil pengukuran dalam perlindungan kepada  konsumen dan pelaku usaha.

“Salah satu upaya adalah pembentukan Daerah Tertib Ukur (DTU) dan PTU di kabupaten dan kota se-Kaltim. Sejak 2011-2015 telah terbentuk  tiga DTU, yakni di  Balikpapan, Bontang dan Kota Tarakan  serta 13 PTU,” ungkap Erwinsyah.**
Previous Post Next Post