Jelang Pilgub Sumbar, Hansip dan Linmas Diberikan Pembekalan

N3, Padang ~ Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat 9 Desember mendatang, Pemerintah Kota Padang menginginkan terciptanya kelancaran baik dari awal prosesi pemilihan hingga selesai penyelenggaraannya di Kota Padang. Terkait itu, Sat Pol PP Kota Padang, menginisiati dengan menyelenggarakan pembekalan bagi anggota linmas dan hansip yang akan bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS). 
Pembekalan dilakukan pada 11 kecamatan dan untuk tahap pertama, bagi Kecamatan Padang Barat dan Padang Utara yang dilaksanakan di Gedung Taman Budaya Sumbar Rabu (11/11). Adapun sebagai nara sumber, unsur Muspida Kota Padang, dari Panwaslu Kota Padang dan KPU Kota Padang.

Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo sewaktu membuka pembekalan mengatakan, ia berharap, anggota hansip dan linmas yang telah dipercaya, dapat bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di TPS-TPS selama proses Pilkada berlangsung.

“Saudara-saudara adalah orang yang terpilih, terlatih dan punya peran yang sangat besar dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur nanti. Sebelumnya saya bertanya, apakah saudara semuanya sudah siap,” tanya walikota yang dibalasi jawaban iya dari seluruh peserta.

Walikota melanjutkan, ada beberapa tahapan penting yang menjadi perhatian bagi hansip dan linmas nantinya. Diantaranya dimulai dari pengamanan kampanye, pengamanan masa tenang, pengamanan pemungutan dan penghitungan suara, pengamanan hasil Pilkada serta pengamanan penetapan pasangan calon terpilih sampai pada pengucapan sumpah janji.

“Saya sangat yakin, saudara-saudara semua akan melaksanakan tugas dan kewajiban dengan benar serta memegang teguh kejujuran. Kita berharap, Pilgub nanti akan berjalan aman, lancar dan kondusif. Sebab, berpedoman dari Pemilu sebelumnya baik Pilpres, Pilkada dan Pileg, alhamdulillah Kota Padang dapat melaksanakannya dengan baik tanpa adanya gejolak sedikitpun,” ujar wako.

Setelah itu, Kasat Pol PP Kota Padang, Firdaus Ilyas selaku Panitia Pelaksana Pembekalan menyebutkan, pada kesempatan ini merupakan kegiatan pembukaan pembekalan bagi linmas dan hansip untuk 11 kecamatan. Khusus untuk hari ini, diikuti dua kecamatan, yakni Kecamatan Padang Barat dan Padang utara. Selanjutnya, pembekalan akan diikuti 9 kecamatan lagi yang akan dilakukan di Gedung Auditorium Unand pada 14 dan 22 November.

“Jadi pembekalan ini penting dilakukan, karena merupakan suatu hal yang terbaru dan tepat kita lakukan. Biasanya, pada Pilkada sebelumnya, linmas dan hansip langsung diserahkan ke TPS tanpa ada pembekalan. Oleh karena itu, kita berkeinginan agar seluruh hansip dan linmas diberikan pembekalan. Dengan tujuan, mereka benar-benar siap dan mampu melakukan tugasnya dengan baik pada Pilgub Sumbar nanti,” kata Firdaus.

Firdaus menambahkan, peserta pembekalan diikuti hansip dan linmas yang berjumlah 4234 orang dan akan bertugas pada 1592 TPS yang tersebar di 11 kecamatan dan 104 kelurahan di Kota Padang. Kali ini, peserta dari Kecamatan Padang Barat dan Padang Utara sebanyak 562 orang. (David)
Dibaca
Previous Post Next Post