Peduli Jambi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kirim Pesawat Air Tractor


N3, Jambi ~ Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) yang melanda Provinsi Jambi akhir-akhir ini, membuat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia mengirimkan pesawat Air Tractor, untuk memadamkan titik api yang ada di Provinsi Jambi.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Seksi Kesiap Siagaan BPBD Provinsi Jambi, Dalmanto mengatakan, Provinsi Jambi saat ini mendapat bantuan dari pusat yakni pesawat Air Tractor untuk memadamkan titik api yang ada di Provinsi Jambi. Dan saat ini pesawat tersebut mulai beroperasi di daerah arang-arang, di Kabupaten Muaro Jambi.
"Alhamdulillah kita kedatangan pesawat untuk membantu menuntaskan pemadaman api yang tersebar di beberapa wilayah di Provinsi Jambi," tuturnya saat dikonfirmasi via telpon, Kamis (10/09).
Pihaknya berharap, saat pesawat Air Tractor saat melakukan operasi pemadaman hotspot atau titik api di Provinsi Jambi tidak mendapat rintangan atau halangan dan sukses memadamkan api. Pesawat tersebut dapat mengangkut air sekitar 3000 liter untuk memadamkan api.
"Kami harap penggunaan pesawat tersebut dapat semaksimal mungkin dalam operasinya," jelasnya.
Selanjutnya sebelumnya pemerintah pusat juga sudah memberi bantuan Provinsi Jambi untuk memadamkan api dua unit helikopter water bombing, yang saat ini stand by dan sudah beroperasi untuk memadamkan api dari udara. Dengan demikian pihaknya berharap kedatangan satu pesawat tersebut dapat membantu memadamkan api lebih cepat.
"Kedatangan pesawat ini tentunya dapat menambah kekuatan kita dalam operasi memadamkan  api yang melalap lahan yang masih terbakar," tutupnya. **
Previous Post Next Post