Simulasi Pre Fire Planning di TBBM Lomanis

N3, Cilacap ~ Salah satu cara untuk menguji kehandalan sistem penanggulangan keadaan darurat adalah dengan melaksanakan simulasi organisasi keadaan darurat (OKD) di kantor TBBM Lomanis, Cilacap, belum lama ini. Dengan meng­ambil tema Kebakaran Gedung Kantor Selatan TBBM Lomanis, simulasi dilaksanakan untuk menilai kesigapan pekerja kantor dalam mengevakuasi diri jika terdapat keadaan darurat yang sebenarnya.

Dalam simulasi tersebut, para pekerja TBBM Lo­manis dengan sigap dan teratur segera melakukan evakuasi ke assembly point ketika mendengar sirine kebakaran.Simulasi juga menitikberatkan pada bagaimana melakukan koordinasi apabila PUS­KODAL yang ada di kantor tidak bisa digunakan.

“Kemampuan penang­gulangan pertama pada korban, serta efektifitas pe­nanggulangan baik dari taktik strategi maupun sarfas yang ada, juga merupakan point-point simulasi OKD ini,” ujar Operation Head TBBM Lomanis Budi Prasojo.

Hasil evaluasi dari ke­giatan ini ditindaklanjuti dan difinalkan dalam bentuk Pre Fire Planning, untuk me­mu­dahkan strategi pada penanggulangan kasus yang sama. Rel/Moriv
Dibaca
Previous Post Next Post