Tips Yang Harus Dilakukan Wanita Untuk Menghindari Self Esteem

Nn, Jakarta ~ Menurut Psikolog Vera Itabiliana hampir setiap pasien sulit sekali mendefinisikan kelebihan dirinya. Ini yang menjdai alasan Vera menyebut perempuan sebenarnya memilki self esteem atau kata lainnya penghargaan diri yang rendah.

Kebanyakan perempuan yang berkunjung ketempatnya selalu bertanya tentang kelebihan yang dimiliki dirinya, tutur Psikolog yang membuka praktek dikawasan Kuningan, Jakarta Selatan ini kala disambangi www.nusantaranews.net  

Vera pun menganjurkan kepada para perempuan untuk membuat tabungan yang mencakupi semua hal positif tentang dirinya. Hal ini agar menghilangkan rasa rendahnya penghargaan terhadap diri sendiri.

"Tulis semua daftar positif. Biar sewaktu-waktu bisa dibuka dan membuat kamu ingat kalau pernah melakukan sesuatu yang positif. Itu salah satu bentuk apresiasi diri sendiri," ungkap Vera.

Bila perempuan memiliki self esteem yang rendah, maka perempuan itu memilki watak keras terhadap diri sendiri, dan ini mengakibatkan mereka sulit berkembang, kata Vera.

Dianjurkan Vera untuk meningkatkan self esteem, perempuan tersebut harus mengenali dirinya sendiri. Caranya buat daftar plus minus, kalau sulit membuat daftar tersebut cari teman diskusi sebaiknya orang yang lebih dewasa, guru, orang tua atau kakak kata Vera menerangkan.

Selain cara tersebut sebaiknya remaja perempuan bias bersikap asertif atau mengomunikasikan apa yang diinginkan, dirasakan dan dipikirkan kepada orang lain.

"Mengharapkan lingkungan mengerti tapi kita diam saja. Tidak bisa. Harus bilang saya maunya begini, saya enggak suka diginiin."

Cara yang terakhir, Anda bisa meningkatkan self esteem dengan merencanakan apa yang Anda inginkan di masa depan. "Lima tahun lagi gimana, mau jadi apa. Untuk sampai ke sana apa yang harus dilakukan." Hal ini dapat membuat potensi diri lebih keluar. (Queen)
Previous Post Next Post