Plt Gubernur Rano Karno Hadiri Rakor Pilkada Serentak

Nn, Banten ~ Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Banten H. Rano Karno,S.IP serta Para Gubernur se Indonesia dan Bupati walikota yang mengikuti Pilkada serentak tahun 2015. Mengikuti Rapat kordinasi persiapan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2015 di Balaikartini Jakarta.

Untuk Tahun 2015 ini Provinsi Banten akan menyelenggarakan pemilukada serentak yaitu Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, dan Kota Tangerang Selatan. Setelah pemilukada yang diselenggarakan oleh Kab/Kota di Provinsi Banten maka berlanjut dengan Pemilukada Provinsi Banten yang diperkirakan akan berlangsung pada bulan Maret Tahun 2017.

Serang dan Cilegon berakhir Juli 2015. Kemudian Pandeglang habis Februari 2016, Tangsel habis Maret 2016, jadi ditarik ke Pilkada serentak Desember 2015.

Rakor yang diselenggarakan Kemendagri ini dimaksudkan untuk membangun harmonisasi dan sinergitas dari seluruh stakeholder dalam rangka mendukung kelancaran penyelengaraan pilkada dan wakil kepala daerah, Kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Disamping itu, lanjut Mendagri, juga untuk menjalankan amanah yang tertuang dalam undang-undang nomor 8 tahun 2015 tentang perubahan Undang-undang , Nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan Pemerintah Pengganti undang-undang nomor 1 Tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan walikota. "Sehingga diharapkan melalui pilkada serentak tahap pertama ini, didapatkan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang berkualitas, memiliki konpetensi, integritas dan kapabilitas serta memenuhi unsur akseptabilitas, harap Mendagri.

Rapat koordinasi ini difokuskan untuk membahas dan memantapkan persiapan pemerintah dan pemerintah daerah dalam memberikan dukungan secara maksimal kepada Komisi pemilihan umum untuk mensukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak periode pertama pada bulan 9 Desember tahun 2015 yang akan dilaksanakan di 269 daerah.

Sementara menteri coordinator politik, hukum dan keamanan (Menkopolhukam) Tedjo Edhy Purdijatno, menegaskan bahwa sinergitas  dan keharmonisan dari seluruh pihak merupakan kunci utama dalam mewujudkan pilkada. Serentak yang berkualitas. "Dengan demikian hal ini merupakan titik pijak bersama untuk mengawal penyelenggaraan Pilkada secara serentak tahun 2015 agar dapat berjalan aman, tertib dan lancar, Pesan Menkopolhukam.

Adapun pembahasan dalam Rakor ini yaitu hal yang terkait dengan kesiapan regulasi pelaksanaanya, dukungan anggaran dan personil, ketersediaan data kependudukan, dukungan keamanan dan ketertiban, penaganan dan penyelesaian sengketa pemilhan,serta berbagai aspek dukungan lainya. hms
Previous Post Next Post