MK : "Lulusan Sarjan Mampu Buka Peluang Kerja"

Nn, Pariaman ~ Lulusan Perguruan Tinggi (PT) harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan (job creator), dan bukan hanya mampu mencari pekerjaan (job seeker). Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim dihadapan 102 orang sarjana jurusan ekonomi dan akuntansi STIE Sumbar Pariaman.
 
“Banyak sarjana ketika lulus kuliah langsung berburu pekerjaan, padahal tidak semua sarjana harus mencari pekerjaan, tapi bisa juga menciptakan lapangan pekerjaan sendiri”, jelas Wagub.
 
Melalui sebuah usaha atau bisnis, maka kita pun dapat membantu orang lain yang sedang mencari pekerjaan dengan memberikan posisi yang tepat. Sehingga, kita tidak mengharapkan pekerjaan dari orang.
 
Muslim Kasim melanjutkan, dengan menghasilkan lulusan berkualitas, maka penciptaan lapangan pekerjaan akan semakin terbuka, apalagi dengan era globalisasi dan persaingan yang ketat di dunia kerja, sudah menjadi tantangan bahwa semua sarjana harus mempersiapkan diri lebih baik lagi.
 
Selain itu, Muslim Kasim juga menjelaskan bahwa seorang sarjana memiliki nilai lebih dalam membuka peluang usaha, karena telah mendapatkan satu ilmu yang lebih dibandingkan dengan pelaku usaha yang bukan dari lulusan sarjana.
 
“Salah satu kunci dalam keberhasilan dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan persaingan, yaitu setiap sarjana harus mampu memacu kreativitas dan inisiatif, bekerja dengan tekun dan yakin, sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal”, jelasnya kembali.
 
Kemudian Wakil Gubernur juga menjelaskan, bahwa persentase jumlah pelaku usaha muda di Indonesia masih sangat kecil sekali. “Indonesia hanya memiliki 0,14 persen dari seluruh jumlah penduduk, apabila dibandingkan dengan Singapura yang berada pada angka 2-4 persen dari jumlah penduduknya”, terangnya. 
 
Sebelumnya Muslim Kasim beserta Walikota Pariaman Mukhlis Rahman juga menandatangi Prasasti sebagai tanda diresmikannya Kampus III STIE Sumbar Pariaman. Allan
View
Previous Post Next Post