Alih-alih Temukan Puing MH370, Tim Pencari Malah Temukan Puing Kapal Abad Ke-19

Nn, Samudera Hindia ~ Alih-alih menemukan puing pesawat Malaysia Airlines MH 370 sejak Maret 2014 lalu hilang, tim pencarian pesawat tersebut malah menemukan reruntuhan kapal yang karam ketika menyisir Samudera Hindia, Kamis (14/5) kemarin.

Kapal pencari Fugro Equator, menemukan puing kapal yang karam diperkirakan dari abad ke -19 ini terditeksi dan terlihat dari drone bawah laut yang sengaja diluncurkan tim pencari untuk mencari puing MH 370 tersebut.

Dikutip dari cnn, kapal pencari Fugro Equator menditeksi bentuk reruntuhan kapal dikedalaman 3.900 meter dari permukaan laut. Dari gambar yabg berhasil didapatkan terlihat jangkar kapal yang karam bersama dengan reruntuhan badan kapal lainnya.

Menurut Peter Foley Direktur Operasional Pencarian MH 70 dari Biro Keselamatan Transportasi Australia mengatakan, bahwa karakteristik objek tersebut diperkirakan bukan puing MH 370 yang hilang Maret tahun 2014 lalu.

Meskipun kecewa karena tidak berhasil menemukan puing pesawat MH 370, Foley menyatakan akan tetap melakukan pencarian terhadap MH 370. Sedangkan temuan puing kapal karam ini kan diserahkan Foley kepada pakar arkeologi kelautan untuk diteliti lebih lanjut.

Jika jejak MH 370 tidak ditemukan dilokasi tersebut, pemerintah Malaysia, Australia dan Tiongkok, akan memperluas  zona pencarian dengan ukuran yang sama dengan pencarian saat ini dengan luas wilayah pencarian seluas 60 ribu kilometer persegi. (McArthur)
Previous Post Next Post