5 Alumni Barcelona Bawa Klubnya Rajai Liga Top Eropa

Nn, Eropa ~ Kompetisi top Eropa memang belum berakhir dan masih menyisakan satu atau dua pertandingan lagi. Namun beberapa klub top Eropa telah memastikan diri menjadi juara liga domestiknya masing-masing. 
Dari dataran Inggris, Chelsea merebut title EPL dari Man City, Bayern Munchen menguasai Bundesliga, Jerman, PSV Eindhoven juara Liga Belanda, PSG berhasil mempertahankan mahkota juara Liga Prancis sedangkan Barcelona merebut mahkota juara La Liga dari Atletico Madrid di Vicente Calderon.

Dibalik semua itu ada fakta menarik dari para juara kompetisi top Eropa musim ini. Jika ditelisik para pelatih ke-5 klub tersebut ternyata mereka semua pernah menjadi pemain Barcelona kecuali Mourinho yang pernah di Barcelona sebagai asisten Louis Van Gaal. Mereka semua merupakan alumni class of ’97.

Barcelona yang kini ditukangi Luis Enrique, mereka mengunci gelar La Liga musim ini, merupakan pemain sayap handal dan berhasil mengantarkan Blaugrana meraih tropi juara di musim 1996/1997. Kala bermain, Enrique merupakan sayap andalan tim catalan.

Beralih ke dataran Jerman. Nama Pep Guardiola ada di kursi kepelatihan sang juara Bundesliga, Bayern Munchen. Saat bermain Guardiola adalah gelandang handal Barca. Pep juga berhasil mengantarkan Barca merengkuh jawara La Liga di musim 1996/1997.

Bergeser ke Paris, ada Laurent Blanc yang suskses mempertahankan gelar juara Ligue 1 milik PSG musim ini. Walau permainannya tidak begitu semengkilap Enrique dan Pep, tetap saja Blanc menjadi satu bagian skuad dari class of 97.

Terus ke ranah Britania Raya, Inggris. Jose Mourinho sukses mengantar Chelsea merajai kompetisi EPL. Namun peran Mou tidak sebagai pemain Barca di Class of 97. The Happy One ini bertugas sebagai asisten Bobby Robson yang kala itu menjadi pelatih Barcelona.

Ada satu nama lagi yang mengantar klubnya keluar sebagi juara kompetisi domestic dan dia adalah Phillip Cocu.

Namun Cocu bukan bagian dari class of 97. Dia baru bergabung dengan Barca diawal musim 1998/1999. Mantan kapten dan pemain timnas Belanda ini berhasil membawa PSV meraih title Liga Belanda musim ini. (Alang)
Previous Post Next Post