Tanpa Pilar Inti Bayern Takluk Di Tangan Porto

Nn, Porto ~ Tanpa diperkuat pilar intinya membuat Bayern Munich harus menelan pil pahit. Bayern dipaksa menyerah dengan skor 3-1 dari FC Porto pada leg pertama babak perempat final Liga Champions yang berlangsung di Estadio Do Dragao dini hari tadi.

Porto berhasil mencetak gol cepat di sepuluh menit pertama melalui dwigol Ricardo Quaresma. Quaresma berhasil memanfaatkan kelengahan lini belakang bayern yang digalang Manuel Nuer.

Bayern yang turun tanpa Robben, Schweinsteiger dan Ribery terlihat linglung memulai laga. Kesempatan ini dimanfaatkan FC Porto untuk membangun serangan cepat kejantung pertahanan Bayern. Berawal dari kecerobohan  Xabi Alonso di daerah pertahanan sendiri,  bola yang dikuasainya berhasil direbut Martinez. Sambil berlari cepat Martinez berhasil menggiring bola mendekati gawang Bayern yang dijaga Nuer. Dengan terpaksa Nuer membuat pelanggaran terhadap pemain asal Kolombia ini. Wasitpun menghadiahkan tendangan penalti untuk FC Porto dan Nuer kiper timnas Jerman ini menerima kartu kuning dari wasit.

Hadiah tendangan penalti ini tidak disia-siakan Quaresma untuk menjadi gol dimenit ke-3  babak pertama. Gol ini membuat FC Porto semakin bersemangat menggempur pertahanan Bayern Munich.

Tak beberapa lama berselang, Bayern berusaha untuk menyamakan kedudukan. Bayern mendapat peluang emas lewat sundulan penyerang Robert Lewandowski. Lewat skema serang balik di menit kesembilan, sundulan pemain dari Polandia ini hanya melebar beberapa centi dari gawang kawalan Fabiano yang semalam tampil cukup bagus.

Naasnya asik menyerang Bayern kembali membuat kecerobohan di lini pertahan mereka. Dante melakukan kesalahan fatal yang mengakibatkan bola yang dikuasainya dicuri Quaresma. Dengan mudahnya Quaresma merengsek masuk ke dalam kotak penalti dan tanpa ampun menghujamkan bola ke gawang kawalan Nuer di menit kesepuluh. Gol dari Quaresma ini semakin melebarkan jarak dengan Bayern.

Tak ingin dipermalukan membuat pelatih Bayern Pep Guardiola memerintahkan anak asuhnya untuk menguasai ball possesion dan melakukan serangan dari segala lini. Usaha ini cukup berhasil, di menit ke-28 juara Bundesliga Jerman itu sukses memperkecil kedudukan lewat sontekan pemain kelahiran Brasil berpaspor Spanyol Thiago Alcantara. Thiago berhasil menyontek bola k gawang  Fabiano dari umpan yang disodorkan Jerome Boateng di sektor kanan lapangan.

Hingga wasit carlos Velasco mengakhiri  babak pertama  skor 2-1 untuk Fc Porto masih tetap bertahan, karena sepakan Alex Sandro hanya membentur mistar gawang Bayern.

Paruh kedua dimainkan, Bayern coba untuk mengambil kendali permainan. Namun akibat absennya beberapa pilar bayern tidak bisa mengembangkan permainannya.

Malam itu Bayern benar-benar dibuat tidak berdaya oleh Porto. Menyambut umpan jauh dari Sandro Martinez menambah keunggulan Porto menjadi 3-1.  Tim Bavaria ini dibuat tidak berkutik di satadion Do Dragao, semua gol tercipta akibat kesalah pemain Bayern. Gol ketiga Porto merupakan kesalahan Boateng dalam menghalau bola kiriman Sandro pada Martinez.

Sampai laga ini memasuki akhir dengan ofisial keempat menambahkan dua menit tambahan waktu, Bayern tetap tidak mampu mencari dua gol penyama dan terpaksa mengakui keunggulan Porto di leg pertama ini. Adapun, kedua tim akan kembali bertemu enam hari dari sekarang dengan Allianz Arena yang bakal menjadi arena duel untuk leg kedua. (Alang)
Previous Post Next Post