Rumah Yang Tidak Akan Didatangi Malaikat

Nn, ~ Rumahku Istanaku, itu ungkapan yang bisa terucap dari mulut kita. Rumah juga merupakan tempat berkumpul seluruh anggota keluarga, menumpahkan segala isi hati, sddih, senang dan segala tentang rasa. Sebagai seorang muslim tentu akan menghiasi rumahnya dengan lantunan ayat-ayat suci Al-quran.

Ini bisa dipercantik dengan melaksanakan salat lima waktu, karena Allah menjanjikan pada setiap hambanya yang merawat rumah dengan cinta dan kehangatan dalam beribadah akan didatangi 1000 malaikat kerumah tersebut.

Tahukah Anda, bahwa “Sesungguhnya Malaikat tidak akan masuk ke dalam rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan gambar” dari Ali bin Abu Thalib dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

Karena malaikat tak sembarangan dalam mengunjungi setiap rumah muslimin. Dalam bukunya, Abu Hudzaifah Ibrahim bin Muhammad menuliskan 20 rumah yang tak akan didatangi malaikat, berikut lim diantaranya:

1.    Rumah yang terdapat patung di dalamnya sudah jelas seperti bunyi hadits di atas.

2.    Rumah yang terdapat lukisan atau gambar makhluk hidup

3. Rumah yang terdapat peliharaan anjing. Ini bukan merupakan hal yang aneh karena memang anjing itu dianggap najis menurut Imam Qurtubi menjelaskan tentang sebabnya.

4. Rumah yang dihuni oleh orang-orang junub yang artinya punya kebiasaan tidak bersuci atau mandi dari junub.

5. Rumah milik orang yang penuh kedurhakaan terhadap orangtuanya.

Previous Post Next Post