Prajurit TNI Jatuh Dari Ketinggian 12 meter Di Hadapan Presiden Jokowi

Nn, Jakarta ~ Saat demonstrasi pembebasan sandera yang dilakukan pasukan Detasemen Jala Mengkara (Denjaka) TNI AL yang saat itu disaksikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo, ternyata salah seorang prajurit TNI yang bernama Sersan Satu Ilyas Hasan, terjatuh dari Gedung Soerdiman, Lapangan Merah Plaza TNI Cilangkap, Jakarta Timur pagi tadi.

Demonstrasi ini merupakan prosesi pengangkatan Jokowi menjadi Warga Kehormatan Pasukan Khusus TNI. Awalnya Jokowi menikmati pertunjukan kehebatan tentara kala menyelamatkan seorang sandera yang merupakan tokoh penting.

Mulanya demonstrasi berjalan lancar. Mulai aksi penerjun, lalu atraksi prajurit turun dari pesawat tempur dan memecahkan kaca gedung menggunakan peralatan canggih seperti adegan action dalam film laga.

Atraksi ini terus berlanjut saat prajurit-prajurit tersebut menjalankan aksinya memasuki dan menuruni gedung dengan menggunakan tali, ternyata Sertu Ilyas mengalami kendala teknis pada peralatan yang digunakannya. Ia tampak bermasalah dengan tali yang digunakannya, namun Ilyas memutuskan turun dengan tali yang bermasalah itu. Sayangnya usaha itu tidak berhasil, Ilyas terjatuh dan nyaris tertabrak kendaraan tempur yang melintas saat demonstrasi tersebut.

Diperkirakan Ilyas jatuh dari ketinggian sekitar 12 meter dari gedung berlantai dua tersebut. Dengan sigap beberapa personil prajurit TNI yang berada didekat lokasi kejadian langsung menolong Sertu Ilyas yang tampak sudah tak sadarkan diri. Ia segera dilarikan ke rumah sakit TNI Angkatan Laut dengan menggunakan mobil ambukans yang stand by bebrapa meter dari lokasi kejadian itu.

Selain Jokowi, insiden ini juga disaksikan oleh beberapa menteri Kabinet Kerja, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna.

Skuad Detaseman Jala Mengkara merupakan pasukan elit TNI Angkatan Laut. Para personel satuan khusus ini adalah penanggulangan teror di laut. Salah satu aksi para personal Denjaka adalah saat membebaskan sandera para anak buah kapal MV Sinar Kudus dari tangan para perompak Somalia pada Maret 2011 silam.(HG)
Previous Post Next Post