Goa Petruk, Terindah di Asia, Terdalam di Dunia

Mengetahui keindahan dan keajaiban alam tentu tidak akan pernah puas apabila tidak berkunjung dan menikmati suguhan yang telah diciptakan oleh sang Pencipta. Apalagi pemadangan alam Indonesia nan elok nan indah, ternyata banyak menyimpan fenomena terbaik didunia. Salah satunya Goa Petruk di Kebumen di Provinsi Jawa tepatnya di dusun Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen, atau sekitar 4,5 km dari goa Jatijajar (Gombong) menuju ke arah selatan. 
 
Ternyata Goa Petruk Kebumen ini merupakan salah satu Gua Terindah di Asia dan Terdalam di Dunia yang secara keseluruhannya terdapat panorama alam, yaitu batu stalaktit dan stalakmit yang menyerupai berbagai bentuk. Gua petruk ini memiliki kedalaman jelajah mencapai 2000 Meter atau lebih tepatnya 2 kilo meter.
 
Apabila kita menyusuri kedalam, maka Gua Petruk ini terbagi menjadi 3 bagian. Bagian pertama hanya terdapat kelelawar yang berterbangan, sementara bagian kedua yang diberi nama ‘Gua Semar’ terdapat pemandangan dari bebatuan yang cukup indah serta mempesona. 
 
Dan Gua yang terakhir disebut dengan Gua Petruk, karena dalam gua tersebutlah sebenarnya terdapat batu yang mempunyai wujud seperti hidung Petruk, tokoh wayang. Sayang, karena ulah Belanda yang kala itu melakukan penambangan, maka bentuk hidung petruk tersebut menjadi putus.

Untuk masuk ke Goa Petruk ini memang diperlukan persiapan yang cukup, seperti medan atau jalan menuju lokasi Goa Petruk yang lumayan berliku, kemudian juga ketika sampai ke kawasan wisata Goa Petruk. 
 
Sebelum sampai ke Goa Petruk kita harus manjat atau mendaki dulu melalui tangga semen (undak-undakan) yang cukup jauh dan tinggi. Tetapi sebenarnya perjalanan tersebut cukup bagus dan sehat untuk sekalian berolahraga sambil menikmati hutan di sekeliling wilayah Goa Petruk. **
Previous Post Next Post