Kader Posyandu Berprestasi Sumbar Datangi Kota Kembang

Nusantara~Study Komparatif Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Kader Posyandu Berprestasi Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatera Barat Tahun 2014 ke Posyandu Melati yang telah memiliki reputasi dan prestasi Terbaik Tingkat Nasional (Pakarti Utama) Tahun 2014 yaitu Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, Study komperatif ini dilaksanakan dari tanggal 15 s/d 18 September 2014.

Rombongan Study Komperatif sebanyak ± 64 orang dibawah Pimpinan Ibu Hj.Nevi Irwan Prayitno (Ketua TP-PKK Prov.Sumbar), Kepala BPM Prov.Sumbar (Drs.H.Syafrizal.MM), Kepala Dinas Kesehatan Prov.Sumbar (diwakili Kabid Promkes) Ridarson. Kabupaten/Kota di dampingi oleh Ketua TP-PKK Dharmasraya (Ny.Adi Gunawan), Ketua TP-PKK Kota Padang (Ny.Mayeldi Ansurullah), Ketua TP-PKK Kota Padang Panjang (Ny.Hendri Anis), Kepala/Kabid BPM Kabupaten Kota, dan Camat.
Sebagaimana diketahui bahwa Posyandu adalah salah satu bentuk kegiatan yang dikelola dan diselenggarakan dengan sumber daya yang berasal dari, oleh, dan untuk masyarakat, bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan dibidang kesehatan guna memperoleh pelayanan kesehatan dasar, terutama untuk mempercepat penurunan angka kematian Ibu dan Bayi.
Sangat disadari bahwa pembinaan tumbuh kembang anak harus bersifat holistik dan komprehensif, yakni meliputi aspek-aspek kesehatan, gizi, phisikososial serta pembinaan akhlak moral spritual, oleh karena itu agar dapat memenuhi semua kebutuhan anak tersebut, maka perlu dikembangkan pengintegrasian Posyandu, BKB dan PAUD.
Kegiatan pengintegrasian Posyandu, BKB dan PAUD telah diselenggarakan hampir disetiap Kabupaten/Kota dalam wilayah Sumatera Barat, dengan aktivitas kegiatan, bervariasi sesuai dengan dukungan yang diberikan Pemerintah Daerah serta swadaya dari masyarakat setempat, dengan terintegrasinya ketiga program ini diharapkan semua program pembinaan dan pengasuhan terhadap anak Jawa Baratta dapat dilaksanakan secara merata, menyeluruh dan terintegrasi, sehingga dapat dilakukan efesiensi dan efektifitas dalam operasional dilapangan.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka dalam rangka untuk memotivasi Kader dan meningkatkan wawasan dan keterampilan Kader telah dilaksanakan kegiatan Temu Kader Posyandu Berprestasi pada Posyandu yang terinegrasi BKB dan PAUD Tingkat Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat dari tanggal 15 s/d 16 April 2014, dimana pada pertemuan tersebut telah dilakukan penilaian aktivitas Posyandu melalui laporan pelaksanaan kegiatan oleh masing-masing Kabupaten/Kota serta penilaian keterampilan kader melalui Expose dan wawancara Kader Posyandu.

1.    1.Untuk mengetahui kegiatan riel dilapangan maka dilanjutkan dengan kunjungan/-Penilaian ke masing-masing Posyandu dan berdasarkan hasil penilaian yang telah dilaksanakan oleh Tim (Anggota) Pokjanal Posyandu Provinsi Sumatera Barat yang terdiri dari unsur Dinas Kesehatan, Tim Penggerak PKK, Dinas Pendidikan dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Sumatera Barat, telah ditetapkan Pelaksana Terbaik Posyandu Berprestasi tahun 2014 yang dikukuhkan dengan Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor : 410- 515 -2014, tanggal 7 Juli 2014, tentang Penetapan Pemenang Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat sebagai berikut :

 A. POSYANDU BERPRESTASI KATEGORI   KABUPATEN

No.    Kabupaten    Kecamatan    Nag / Desa    Nama Posyandu    Nama Kader    Keterangan
1.    Solok    Junjung Sirih    Paninggahan    Apel    Yenni Marjanti    Pemenang I

2.    Sijunjung    Koto VII    Guguak    Lestari    Darnawati Fatmasari    Pemenang II

3.    Tanah Datar    Batipuh Selatan    Sumpur    Mawar Putih    Hartati    Pemenang III

4.    Pesisir Selatan    Bayang Utara    Pancuang Taba    Mahameru    Nur Azma    Harapan I

5.    Dharmasraya    Koto Besar    Koto Tinggi    Nuri IV    Rizza Edriani    Harapan II

6.    Pasaman    Lb. Sikaping    Aia Manggih    An Nur    Hisdarisyam    Harapan III

B. POSYANDU BERPRESTASI KATEGORI   KOTA

No.        Kota    Kecamatan    Desa/Kelurahan    Nama Posyandu    Nama   Kader    Keterangan
1.    Padang    Kuranji    Gunuang Sariak    Permata
Bunda VI    Mina Dewi Sukmawati    Pemenang I

2.    Bukittinggi    Mandiangin Kt.Slyn    Garegeh    Mahkota Mas    Denny Rahmalia,SE    Pemenang II

3.    Pd. Panjang    Pd.Panjang Barat    Silaing Atas    Mawar Kuning    Gresia Ika Saputri    Pemenang III

4.    Pariaman    Pariaman Tengah    Jati Mudiak    Jati Subur    Suarni    Harapan I

5.    Payakumbuh    Payakumbuh Timur    Payo Basung    Seroja III    Dini Sasrawati    Harapan II

6.    Sawahlunto    Silungkang    Muaro Kalaban    Sungai Loban    Suartati    Harapan III

Sebagai bentuk penghargaan dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota memberikan Reword/Penghargaan bagi pemenang 1 s/d 3 Kategori Kabupaten/Kota Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat sebanyak 6 ( enam ) orang dibawa mengikuti Study Komperatif keluar Provinsi Sumatera Barat dan bagi Daerah Kabupaten/Kota diberikan kesempatan bergabung untuk membawa kader Posyandu berprestasi Tingkat Kabupaten/Kota serta didampingi oleh anggota Pokjanal Posyandu setempat.   

Dalam Perjalan Menuju Desa Pagerwangi Kecamatan Lembang, Kader Posyandu Jura I,II dan III Tingkat Provinsi Sumatera Barat baik Kader Posyan Juara I,II dan III Kategori Kabupaten mapun Jura I,II dan III Kategori Kota diberi kemsempatan untuk Pendamping, dan Kader Posyandu memberikan Ekspose bagaimana Kader Posyandu ini bisa menjadi Berprestasi Tk. Provinsi dan cara Pembinaan oleh Tim Koordinasi Tk.Kabupaten/Kota dan Tk. Kecamatan pembinaan Kader Posyandu.

Dalam Perjalan ke Bandung Kader sangat Gembira sekali dan juga mengisi waktu dengan bernyanyi Posyandu/Karouke.

Setelah sampai di Lembang kami diterima oleh Wakil Bupati Bandung Barat (Deden Rumaji), di Hotel Radial Lembang Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat yang dihadiri oleh Kepala BPM.P.KB.D Provinsi Jawa Barat (Mewakili oleh Ibu Rini, Dewi, dll), Wakil Bupati Bandung Barat, TP-PKK Kabupaten Bandung Barat, Asisten, BPM-PD dan SKPD Kabupaten Bandung Barat dan dilanjutkan Hiburan Anglung oleh Siswa SMA 1 Lembang dan dilanjutkan Kunjungan Pameran kerajinan.

Melaksanakan kunjungan lapangan pada kegiatan Posyandu Melati Desa Pagerwangi Kecamatan Lembang.
Dari hasil Pertemuan dan kunjungan lapangan tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa Pelaksanaan Posyandu Melati,   Desa Pagerwangi , Kecamatan Lembang Provinsi Jawa Barat sebagai berikut :
1. Jumlah sasaran Posyandu
     a. Bayi   : 25 Orang
     b. Balita : 62 Orang

2. Kehadiran sasaran pada hari buka Posyandu 60 %

3. Jenis dan jumlah Administrasi Posyandu yang dikelola oleh Kader Posyandu, BKB, PAUD,
    TPA, TAEJO, Pengomposan, Rumah Pintar dll.

4. Bentuk peran dan kepedulian masyarakat dalam mendukung kelancaran pelaksanaan
    Posyandu yaitu Masyarakat Berperan Serta dalam kegiatan Posyandu seperti dana Sehat
    dari Warga 500/KK

5. Posyandu di buka dalam 1 bulan satu kali.

6.Jenis PMT yang diberikan pada hari buka Posyandu adalah makan sertapengolahannya yang
    beraneka ragam.

7. Jenis pelayanan dilaksanakan pada hari buka posyandu adalah PAUD, BKB dan Posyandu.

8. Pokjanal Posyandu di Tingkat Desa ini sudah dibentuk. Dengan kegiatan yang telah dilakukan
    oleh Pokja Posyandu dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan Posyandu adalah     
    Membantu dana PMT, terlibat dan memfasilitasi SKPD untuk membina seperti Website.

9. Posyandu mempunyai dana sehat dan bagaimana cara pengelolaannya setiap KK
    menyumbang 500/Kkyang di kelola oleh Kader yang digunakan untuk Transportasi keluarga
    tidak mampu berobat.

10. Selain bantuan Dana Pemerintah, bantuan dana yang diperoleh untuk mendukung kegiatan posyandu adalah dari donator masyarakat

11. Kendala dan permasalahan apa yang dihadapi dalam pelaksanaan Posyandu serta bagaimana solusi yang dilakukan Sasaran masih ada yang malas datang ke Posyandu mereka melakukan Inovasi serta melakukan Kunjungan ke Rumah.

12. Kegiatan lain yang mendukung penyelenggaraan Posyandu adalah rumah pintar, rumah kompos, dan rumah hijau

13. Posyandu sudah terintegrasi dengan PAUD dan BKB, kalau sudah bagaimana pelaksanaan kegiatannya adalah tidak dihari yang samaantara PAUD dan Posyandu sedangkan PAUD hari Senin, Rabu dan Ju’mat sedangkan Posyandu hari Kamis.

14. Jumlah Kader Posyandu 21 orang yang aktif, BKB dan PAUD 11 orang,

Dalam Perjalan pulang menuju Jakarta (Bendara Sukaro Hatta), Sekretaris TP-PKK Provinsi Sumbar (Hj.Fatmawati.SH) memberi kesempatan kepada Kader Posyandu Juara I,II dan III Tingkat Provinsi Sumatera Barat baik Kader Posyandu Juara I,II dan III Kategori Kabupaten maupun Jura I,II dan III Kategori Kota diberi kemsempatan untuk memberikan Ekspose bagaimana Kader Posyandu Melati Desa Pagerwangi ini bisa menjadi Berprestasi Tk. Nasional dan cara Pembinaan oleh Tim Koordinasi Tk.Kabupaten/Kota dan Tk. Kecamatan pembinaan Kader Posyandu dan apa saja keunggulannya Posyandu Melati dan bagaimana Posyandu kita dimasa depan bisa Menjadi maju ke tingkat Nasional dan mandiri seperti Posyandu Melati.

Kader Posyandu Permata Bunda VI (Mina Dewi Sukmawati) meminta bantuan kepada Ibu Ketua TP-PKK Kota Padang untuk membelikan Timbangan bayi seperti Timbangan Posyandu Melati, insya’ Alllah Ibu Ketua TP-PKK (Ny.Mayeldi Ansyarullah) akan mengabulkan Perimtaan Kader. Kader Posyandu se Sumbar memohon juga kepada Bupati/Walikota masing-masing kata Kepala BPM Prov.Sumbar (Drs.H.Syafrizal.MM) yang lazim disebut Bapak Ucok. Peserta Study Komperatif juga memohon acara ini untuk tahun depan dilanjutkan. Disambut baik oleh Kepala BPM Prov.Sumbar (Drs.H.Syafrizal.MM) untuk tahun depan kita rencanakan Study Comperatif ini ke Provinsi Bali.(mond/rel)
Previous Post Next Post