Sukseskan PIN VI di Sumatera Barat.

nusantaranews.net ~ Sesditjen  Kementerian Kominfo Ismail Cawidu bersama Asisten Pemerintahan devi Kurnia,SH.MM dan Plh Kepala Biro Humas Syahrul Gian,SE.MM serta jajaran Staf Kominfo dan Humas mengelar Jumpa Pers dengan wartawan dan media di Sumbar dalam rangka Pelaksanaan Pekan Informasi Nasional VI tahun 2014 di auditorium Gubernur, Jum"at sore (23/5).

Sesditjen Kementrian Kominfo sebagai Juru Bicara Kominfo dalam kesempatan itu menyampaikan, pelaksanaan Pekan Informasi Nasional (PIN) VI di Sumatera Barat pada tanggal 23-27 Mei 2014, akan dibuka hari ini ( Sabtu 24/5), oleh Menteri Komunikasi dan Infomasi Ir. Tifatul Sembiring. Pelaksanaan PIN telah dilaksanakan sebanyak lima kali, dibeberapa daerah, Malang pada tahun 2009, tahun 2010 di Pekanbaru, tahun 2011 di Solo Jawa tengah, tahun 2012 di Menado dan pada tahun 2013 Medan.

Tahun 2014 kita laksanakan di Padang Sumatera Barat pada tanggal 23-27 Mei 2014. Kegiatan Pekan Informasi Nasional ini pada dasarnya merupakan peringatan hari puncak kegiatan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Hal ini berkaitan dengan bagaimana kita selalu menumbuhkan rasa nasionalisme kebangsaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan PIN yang akan dilaksanakan di Sumatera Barat mengelar pameran tehnologi informasi, pameran produksi UKM, Bintek Kehumasan dan Komunikasi Informasi Publik dan lain-lain, sesuai dengan potensi di Sumatera Barat, ujarnya

Devi Kurnia Asisten Pemerintahan Setda Prov. Sumbar juga menyampaikan, bahwa pekembangan pembangunan Komunikasi dan Informasi di Sumatera Barat tidak terlepas dari seni dan budaya komunikasi masyarakat Sumatera Barat selama ini. Selain itu dalam kontek pemanfaatan teknologi informasi kita juga mendorong masyarakat untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya melalui media internet dan jaringan komunikasi modren.

Komunikasi bagi masyarakat Sumatera Barat bukanlah merupakan sesuatu yang aneh, akan tetapi telah menjadi budaya dan karakter tersendiri, dimana masyarakat kita setiap harinya tidak terlepas dari kegiatan komunikasi dan informasi. Sebutlah mulai dari adat dan budaya, petatah petitih, ciloteh lapau yang hampir ada disetiap warung di kampung-kampung di nagari-nagari.

Dalam berkesenian, kita memiliki randai, salung dendang, ba rabab, selawat dulang dan lain-lain yang semua itu merupakan kebanggaan dan ciri khas kita selama ini.

Sementara dalam pertumbuhan media massa kita juga mengalami peningkatan yang hebat, baik harian maupun mingguan serta juga bertapa banyaknya media portal kita dari Sumatera Barat, jika melihat di media baru internet, ungkapnya.

Pelaksana Harian Kepala Biro Humas Syahrul Gian,SE.MM juga menambahkan bahwa kegiatan PIN selalu mendapat perhatian setiap tahun, dimana di Kementerian Komunikasi dan Informasi selalu dianggarkan setiap tahunnya. Ini satu bukti bahwa PIN syarat dengan kepentingan membangun rasa nasionalisme dan persatuan bangsa.

Penyelenggaraan PIN juga bertujuan membangun kesamaan visi pembanguan komunikasi dan informasi secara nasional dengan tetap mengembangkan budaya komunikasi masyarakat lokal sebagai aset dan kebangga nasional. Selain itu penyelenggaraan PIN juga membangunan hubungan silaturrahmi sesama praktisi humas dan pelaku komunikasi informasi di berbagai daerah di Indonesia.

Dan kita amat berharap penyelenggaraan PIN VI tahun 2014 di Sumatera Barat dapat berjalan dengan sukses dan lancar, demi kemajuan pembangunan komunikasi dan informasi di Sumatera Barat secara khusus dan Indonesia secara umum dalam persaingan globalisasi saat ini. Kita nikmati dan ikuti kemajuan tehnologi informasi dunia, dan kita jadikan budaya dan tradisi yang tumbuh ditengah-tengah masyarakat kita sebagai filter yang ampuh menghadapi tantangan dan pengaruh globalisasi informasi saat ini, harapnya. Zardi
Previous Post Next Post