Wagub Sumbar Tutup Jamda XI 2013

Padang, Nn ~ Wakil Gubernur Muslim Kasim tutup Jambore Daerah IX Penggalang Kwarda Pemkab/ko se Sumatera Barat di Perkemahan Padang Besi Kota Padang, Kamis pagi (26/12).  Hadir dalam kesempatan itu ketua kwarda Pemkab/ko se Sumatera Barat, pengurus Kwarda 03 Provinsi Sumatera Barat.

Wakil Gubernur Muslim Kasim dalam kesempatan itu menyampaikan, pelaksanaan jambore IX telah berjalan dengan baik dan lancar. Dan hasil ini tentu memberikan motivasi dan pendidikan lapangan kepribadian bagi Pramuka tingkat Penggalang se Sumatera Barat serta juga diiikuti oleh Kwarda daerah tetangga Kab.Mandanau Provinsi Riau.

Kesemua itu akan menjadi kenangan dan pelajaran hidup bagi setiap peserta dalam penataan kehidupan mereka ke depan dalam sebuah proses untuk lebih baik. Hingga akhir penutupan Jamda IX, kita patut bangga dan senang terhadap semua peserta yang telah berkontribusi bekerjasama dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Suatu ketika moment hari ini akan menjadi pemicu para peserta berusaha memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara ternasuk kepada kedua orang tua mereka masing-masing, karena sebagai anggota pramuka selalu menanamkan sikap Dasa Dharma dan Try Setya Pramuka, ujarnya.

Muslim Kasim juga menekan, gerakkan pramuka mesti terus dijadikan sebagai wadah generasi muda dalam membina akhlak, budi pekerti, watak dan prilaku. Gerakkan pramuka mesti terus dikitngkatkan untuk mengasah keterampilan, inovasi penguasaan ilmu pengetahuan dan tehnologi agara generasi muda kita memiliki daya saing yang tinggi, serta menjauhkan diri dari hal-hal yang negatif.

Kepada Kakak-Kakak anggota Dewasa Gerakan pramuka Sumbar, untuk lebih merapatkan  barisan dan menyatukan langkah untuk mencari inovasi yang menarik dalam memperkenalkan kepramukaan ditengah-tengah masyarakat.

Perlu disampaikan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada pembukaan Munas Gerakan Pramuka di Kupang antara lain, kenapa dinama Gerakkan Pramuka bukan persatuan makna yang terkandung di dalamnya'" baru akan menjadi gerakan, jika dayanya melebihi momen intersia.untuk menggerakan organisasi. Kedua sejalan dengan cita-cita NKRI, ketiga ada tiga muatan dalam kurikulum Knowledge, Skill, Atitute dalam membentuk karakter anggota pramuka.

Keempat gerakan pramuka sebagai ektrakurikuler wajib sebagai membangun dan menjahit kekuatan anak bangsa menyongsong tantangan 2024 pada Satu Abad HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Kelima yang dimaksud gerakkan pramuka ada empat Gerak Pramuka sebagai pendukung, pengerak, pemukin dan sebagai transformer demi kemajuan bangsa.
Keenam Gerakan Pramukan mesti memiliki daya tarik agar anak-anak mau masuk pramuka melalui sentuhan modern dan gerakan pramuka mampu menjawab persial riil di tengah masyarakat.
Ketujuh gerakan pramuka merupakan piliha mulia bagi para pembina yang aktif karena tidak semua ditakdir untuk itu, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersbut Wakil Gubernur Muslim Kasim menyerahkan piala hadiah Lomba Asah Terampil  juara I  kepada kwarda Kota Pariaman, Juara II Kwarda Pasaman, Juara III Kwarda Dhamasraya dan Juara Harapan I kepada Kwarda Padang Parimana. Zardi
Previous Post Next Post