Redaksi | Etika Media Cyber
Jumat, 30 Agustus 2013

Padang, Nn -- Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional XV merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri, dalam hal ini Ditjen PMD. Pada kesempatan tahun 2013, Sumatera Barat berkenan untuk untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatannya yang bertemakan “Dengan Memanfaatkan Potensi Sumber Daya Lokal Melalui Pendayagunaan Teknologi Tepat Guna Kita Wujudkan Kemandirian Masyarakat”.Pada pagelaran sebelumnya, Provinsi Sumatera Barat selalu masuk dalam 10 (sepuluh) besar dan diantaranya ada yang telah mendapat juara seperti Kabupaten Tanah Datar Posyantek Nagari Tuo pada Tahun 2011 menjadi Harapan I Tingkat Nasional dan Tahun 2012 menjadi Juara I.

Pada pelaksanaan Gelar TTG Nasional XIV di Batam Provinsi Kepulauan Riau, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mendapat Prestasi  sebagai berikut :

1.    Juara II tingkat nasional stand provinsi sumatera barat
2.    Juara III tingkat nasional alat ttg
3.    Juara I Tingkat nasional Posyantek (PosPelayanan Teknologi)

Adapun maksud dari kegiatan TTG ini yaitu sebagai salah satu upaya yang strategis dalam menyebarluaskan Informasi berbagai teknologi yang dapat memberi nilai tambah kepada masyarakat dengan menggali pemikiran dalam rangka penyusunan kebijakan, penerapan dan pengembangan TTG dalam upaya Pemberdayaan Masyarakat.

Hal ini bertujuan untuk menampilkan berbagai jenis TTG dan produksinya secara visual, sehingga masyarakat memperoleh informasi yang cukup untuk menerapkannya. Selain itu juga dapat menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang perkembangan dan kemajuan teknologi serta manfaatnya dalam rangka peningkatan mutu dan kuantitas produksi di berbagai sektor usaha.

Teknologi Tepat Guna yang diperlukan dan dibutuhkan masyarakat haruslah teknologi yang tepat sasaran, sesuai dengan kebutuhan masyarakat, mudah cara penggunaannya dan sesuai dengan kemampuan dari masyarakat penggunannya. Penemuan-penemuan baru Teknologi Tepat Guna selalu berkembang dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal itu perlu diketahui oleh masyarakat agar informasi tentang penemuan terbaru tersebut lebih merata tersampaikan kepada masyarakat luas. **
Content 3
Content 4