Pengelola Arsip Kelurahan Ikuti Bimtek Kearsipan

Nn, Padang -- Walikota Padang DR. Fauzi Bahar, M.Si diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan dr. Iskandarsyah, M.Kes membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Kearsipan bagi aparatur pemerintah Kota Padang di Hotel Surya Palace. 

Diikuti 105 orang peserta dari pengelola arsip kelurahan, yang dibagi menjadi empat angkatan. Bimtek untuk Angkatan I dengan 30 orang peserta dilaksanakan pada 9-10 April 2012, dan untuk angkatan II dengan 30 orang peserta dilaksanakan pada 11-12 April 2012. Kedua angkatan tersebut mengikuti Bimtek di Hotel Surya Palace. Sedangkan Bimtek bagi  angkatan III dengan jumlah peserta 30 orang dan angkatan IV sebanyak 25 orang peserta direncanakan akan mengikuti Bimtek pada bulan Mei 2012.

dr. Iskandarsyah, M.Kes saat membacakan sambutan Walikota Padang menjelaskan, arsip sebagai rekaman informasi pada setiap instansi merupakan perbendaharaan negara dan bangsa yang tidak ternilai harganya. Arsip tidak saja membuat rekaman pikiran lembaga pembuatnya, melainkan juga berguna untuk melayani kebutuhan masa kini dan masa mendatang.

Lebih lanjut dijelaskan, arsip yang relevan dan akurat harus tersedia jika pemerintah ingin menegakkan aturan hukum, dan menunjukkan perlakuan yang adil, sama dan konsisten terhadap setiap warga negaranya. 

Ditambahkan, kekacauan sistem penyimpanan arsip akan mengantarkan kepada sangat sulitnya menentukan pertanggungjawaban terhadap suatu tindakan pemerintah maupun lembaga bisnis atau swasta.

Sementara itu Kepala Kantor Arsip, Perputakaan dan Dokumentasi Drs. Zul Iskandar menerangkan, maksud dari penyelenggaran Bimtek Kearsipan bagi aparatur pemerintah Kota Padang adalah untuk menambah dan meningkatkan pengetahuan teknis bagi pengelola arsip di kelurahan agar arsip dapat tertata dengan baik.

Sedangkan tujuan dari penyelenggaraan Bimtek tersebut untuk mewujudkan tertib administrasi dan tertib arsip dalam rangka peningkatan pelayanan publik, terbentuknya SDM kearsipan di tingkat kelurahan yang memiliki kemampuan, keterampilan dan wawasan kearsipan. Meningkatnya akuntabilitas kinerja dan pelayanan di bidang arsip pada kelurahan di lingkungan Pemerintah Kota Padang, dan agar penataan dan pengelolaan arsip mengacu dan merujuk kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga penataan dan pengelolaan arsip dapat dipertanggungjawabkan.

Bimtek Kearsipan bagi pengelola arsip kelurahan diselenggarakan oleh  Kantor Arsip, Perputakaan dan Dokumentasi Kota Padang dengan materi Bimtek tentang Kebijakan Pengelolaan Arsip Kota Padang, Manajemen Arsip Dinamis, Tata Naskah dan Pengendalian Arsip, Penyimpanan Arsip dan Praktek, dengan narasumber berasal dari Badan Perpustakaan dan Arsip Propinsi Sumatera Barat, Asisten III Kota Padang, dan Kantor Arsip, Perpustakaan dan Dokumentasi Kota Padang. 

“Setelah mengikuti Bimtek ini, diharapkan pengelola arsip kelurahan bisa hendaknya mengaplikasikannya di kelurahan. Dan perlu saya tekankan, bahwa kegiatan bimtek ini tidak berakhir di sini saja, tetapi akan dilanjutkan dengan evaluasi di lapangan berupa lomba pengelolaan arsip tingkat kelurahan se-Kota Padang”, ujar Iskandarsyah. Hms

Post a Comment

Previous Post Next Post