Jadikan Gunung Talang Sentra Krisan Potong

Nn, Kabupaten Solok -- Sumatera Barat merupakan daerah yang sangat subur, banyak tanaman yang bisa hidup dan tumbuh apalagi di kabupaten Solok Kecamatan Gunung Talang aie batumbuak. Dari sekian banyak usaha mana yang menguntungkan ternyata menamam bunga juga cukup menjanjikan seperti bunga krisan potong.

Dari segi keuntungan dan tanahnyapun cocok pula untuk tanaman ini, apalagi pemasarannya lebih menjanjikan, baik dalam Provinsi sendiri maupun Provinsi tetanga seperti Riau.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno ketika panen bunga krisan Potong di Aie batumbuak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Ikut mendampingi Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Djoni, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Achmad Charisma.

Lebih lanjut disampaikan Irwan, kita telah melakukan panen, sudah mengirim ke Pekan Baru sesungguhnya ini perlu kita bantu, beri apresiasi dan tinggal lagi bagaimana mengembangkan sehingga menjadi besar usaha kelompok tani di daerah ini.

Berawal dari Bantuan dari pemerintah sebanyak Rp45 juta melalui kelompok kelompok tani di daerah ini dalam mengembangkan krisan potong, usaha ini sangat menjanjikan petani, kalau sudah tahu bagaimana menambah, memelihara, sampai pengembangan yang lebih baik. ungkap Gubernur.

Ditambahkan Gubernur, pemasarannya tidak ada masalah, sekarang kita akan memasarkan ke Pekan Baru, Bengkalis dan Dumai karena di daerah sana tidak cocok tanaman ini.

Gubernur juga mengharapkan, kalau daerah aie batumbuak cocok dengan tanam bunga krisan ini, maka masyarakat dan kelompok tani bersungguh sungguhlah sehingga daerah ini menjadi sentra kawasan krisan potong.

Pemerintah provinsi memberi dukungan dan tahun ini kita membantu dua kelompok tani masing masingnya sebesar Rp105 juta dalam usaha pengembangan bunga krisan potong. Kalau ini berhasil kita akan tambah lagi dengan CSR dan juga diarahkan ke Koperasi. Ujarnya.

Bupati Kabupaten Solok, yang Wakili oleh Asisten III, Iriani dikatakannya, pada saat ini kebutuhan pasar krisan potong di Sumatera Barat saja 10.000 tangkai/minggu, dan baru terpenuhi oleh Kabupaten Solok sebanyak 5.000 tangkai/minggu.

Sementara, untuk kebutuhan Kepulauan Riau Pakan Baru sebanyak 9.000 tangkai/minggu dan baru terpenuhi sebanyak 3.000 tangkai/minggu.

Pada tahun 2012 ini kita terus mengembangkan krisan potong ini melalui kelompok kelompok Tani semoga daerah Gunung Talang menjadi Kawasan Krisan Potong yang cukup menjanjikan, ungkapnya. **

Post a Comment

Previous Post Next Post