Pilar Sukses Wisudawan YPKMI Padang

Nn, Padang -- Setiap acara Wisuda, yang perlu diingat adalah makna dari wisuda itu sendiri, artinya syukuran atas proses lanjutan dari intelektualitas dan Integritas wisudawan dan wisudawati ke kancah masyarakat yang multi dimensi, dengan menuju kehidupan yang jauh lebih luas.

Oleh karenanya, sebagai salah satu wadah pendidikan dalam mencerdaskan anak bangsa, STIH-STISIP YPKMI Padang tidak mengenal lelah, tempat, ruang, dan waktu akan terus meningkatkan mutu dan kualitasnya guna melahirkan wisudawan wisudawati yang berakhlak mulia dengan menguasai ilmu pengetahuan bermanfaat serta melahirkan kreatifitas jitu dan kecerdasan yang multi makna bagi lulusannya.

Ini disampaikan Ketua Umum Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Indonesia (YPKMI) Padang Drs. H. Zakir Boneh, MM dihadapan ratusan wisudawan wisudawati STIH-STISIP YPKMI Padang beberapa menit lalu di Hotel Rocky Plaza Padang.

Kita sadari, pembangunan nasional dalam bidang pendidikan adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Sebagaimana didalam implementasi penyelenggaraan pendidikan, kondisi STIH-STISIP YPKMI Padang telah didukung dengan berbagai sistem dan metodologi, sarana, sumber daya manusia yang terampil, berilmu, dan berdedikasi tinggi. Maka dari itu, ada sembilan aspek perlu diperhatikan dan harus dimiliki para wisudawan-wisudawati yang menjadi tonggak dan tolok ukur kesuksesan diri.

Pertama, Selaku intelektual yang cerdas harus memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi maju, termasuk penguasaan bahasa asing. Kedua, harus terampil dalam menerapkan Iptek dan Iptag. Ketiga, berjiwa komunikatif, artinya mampu dalam melakukan komunikasi kepada pihak-pihak lain untuk dapat berinteraksi. Keempat, berwawasan luas, artinya mereka mampu menerima dengan bijak dan beradaptasi terhadap perubahan-perubahan yang terjadi.

Yang kelima, yaitu mandiri, dimana para mahasiswa mampu mengambil inisiatif dan bekerja dengan kepercayaan diri. Keenam, diperlukan kemampuan untuk bekerjasama dalam suatu tim kerja. Ketujuh mahasiswa harus memiliki jiwa kepemimpinan atau leadership. Kedelapan, tajam dalam menganalisis situasi dan tajam dalam memanfaatkan peluang dan yang kesembilan berbudi luhur dan berwatak mulia,

Dengan memiliki sembilan pilar diatas diharapkan lulusan STIH-STISIP YPKMI Padang dapat menjadi orang yang seimbang dan berbekal, baik Ilmu pengetahuan maupun kemampuan pribadi. Sehingga visi dan misi STIH-STISIP YPKMI Padang dalam mengemban cita-cita pembangunan nasional bidang pendidikan sesuai pembukaan UUD 1945 yaitu “mencerdaskan kehidupan bangsa” melalui sarana pendidikan dapat terwujud, ucapnya. **
Previous Post Next Post