Sang "Preman" Dimata Masyarakat Tanah Datar

Nn, Tanahdatar -- Pasca hebohnya pemberitaan miring terhadap Bupati Tanah Datar M.Shadiq Passadigue, yang dianggap seorang "preman", ternyata mendapat banyak tanggapan yang beragam dari berbagai pihak, termasuk dari kalangan masyarakat.

Berdasarkan survey lapangan, ternyata 89 persen masyarakat Tanahdatar malah bertambah simpatik dan mendukung sang pemimpin yang penuh kharisma tersebut. Sebab mereka telah melihat dan membuktikan kebijakan-kebijakan tangan Bupati dalam memeratakan pembangunan dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. 

Oleh karenaya, sebesar apapun isu yang menerpa M.Shadiq tenyata  ditanggapi dingin oleh mereka. Sebab sebuah bukti lebih penting dari pada sebuah omongan.

Ujang (49) warga Bukit Gombak saat dimintai tanggapannya terkait pemberitaan tersebut hanya termangu dan menatap kami tidak percaya. "Ambo ndak picayo do, kalaupun iyo Bupati kami "Preman," Hebatlah tu, itu tandonyo Preman hebat tetapi berpendidikan" (saya tidak percaya, kalaupun benar Bupati kami preman berarti dia preman hebat dan berpendidikan) Sejauh ini, masyarakat Bukit Gombak merasa nyaman dengan kepemimpinan sang bupati, jelasnya.


Sehubungan adanya kekurangan atau pun janji yang belum terpenuhi saat kampanye dulu, Ujang mengatakan kalau masalah kekurangan sejauh ini dari Shadiq sendiri tidak ada, tetapi mungkin dari orang orang sekitarnya  saja yang tidak bisa mengimplementasikan kebijakan bupati, ungkap ujang.


Kemudian, tim investigasipun mencoba bertandang ke Kecamatan Lima kaum, dan mampir disebuah warung pinggiran, disana masyarakat pun sedang sibuk membicarakan tentang shadiq. Mak iyu (65) mengatakan bahwa dia tidak terlalu terpengaruh dengan berita yang beredar, "Itu kan urusan pejabat, saya orang kecil ini hanya bisa berdoa semoga semua bisa menjadi lebih baik ujarnya. ketika disinggung tentang janji atau kekurangan, jawaban yang sama kami dapatkan. 


Ditempat terpisah Mak Munir (67) tokoh masyarakat Beringin mengatakan apapun yang dikatakan orang tentang Shadiq itu semua hanya permainan politik. Sama tukang ojeg saja shadiq ramah katanya. Beliau itu orang yang baik dan kalau memang beliau preman baguslah, karena lebih baik preman yang memimpin dari pada orang yang sok-sok bersih tapi kenyataannya malah sebaliknya, terangnya.


 Lain lagi di Pagaruyung salah satu warga sebut saja abak in (58), mengungkapkan Shadiq itu orang yang baik, "waktu saudara saya meninggal Shadiq mampir, padahal beliau tidak kenal dengan saya", terang abak in. Kalau membicarakan kekurangan pria yang kesehariannya bekerja sebagai tukang ojek ini mengatakan setiap orang pasti punya kekurangan, kita jangan membicarakan kekurangan orang, lihat dulu kekurangan kita baru kita menilai orang lain lanjutnya.

Lebih lanjut Abak in menuturkan kalau dia justru kecewa dengan orang yang menyebarkan berita miring tersebut, kita jangan cuma mencari kesalahan orang lain, kalau memang dia preman itu kan pertanda beliau orang yang hebat,"Istilahnya Preman hebat dan berpendidikan",lanjutnya.


Dari sekian banyak data yang kami kumpulkan 89 persen masyarakat tidak terpengaruh dengan isu yang beredar, banyak dari mereka yang hanya tertawa dan mengatakan apapun isu yang beredar itu sudah biasa melanda Pejabat, apa lagi untuk orang Nomor satu di Tanah Datar ini, yang selama dua periode memimpin sudah wajar banyak isu dan gosip yang melanda, semua tergantung masyarakat. Tergantung bagaimana masyarakat menilai dan menanggapi semuanya. 


Di lain pihak masyarakatpun berharap agar Shadiq mau mencalonkan diri sebagai Gubenur periode mendatang. Karena masyarakat menilai beliau adalah sosok yang bisa mengayomi masyarakat dan tegas, serta mempunyai kharisma yang tinggi.


Perihal kekurangan, masyarakat hanya mengatakan semua orang punya kekurangan, dan sejauh yang mereka tau Shadiq baik dan dekat dengan masyarakat. Beliau pun tidak pernah merugikan masyarakat. Malah beliau selalu mendengarkan aspirasi masyarakat.


Mendapat pujian dan support dari masyarakat yang sedemikian besar M.Shadiq Passadique pun mengucapkan beribu terima kasih kepada masyarakat, dan dia akan terus berusaha memberikan yang terbaik bagi masyarakat, dan beliau siap dikritik jika memang ada kekurangan dan kesalahan. Beliau pun berharap semoga apa yang selama ini dikerjakannya dapat memberikan  manfaat bagi masyarakat. v v

Post a Comment

Previous Post Next Post