Mahyeldi Jajaki Kerjasama Pembangkit Listrik Jerman

Nn, Padang -- Wakil Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, Sp beserta rombongan mengadakan pertemuan di Kota Munich dengan pengusaha Jerman Mr. Jorg Praetorius yang sekaligus merupakan investor yang menemukan tehnologi pembangkit listrik tenaga air dengan menggunakan turbin. ini digagas oleh Ibu Jeanette Joesoef, seorang wanita pengusaha Indonesia yang bermukim di Munich. Mr. Jorg didampingi oleh Mr. Andi Nurasyid dan Mr. Jimmy Suryadi, pengusaha asal Indonesia yang telah lama bermukim di Jerman, ujar Kabid Humas Pemko Padang Richardi Akbar, S. Sos kepada pers.

Pembangkit listrik tenaga air yang menggunakan arus air ini telah membawa Mr. Jorg Praetorius yang juga CEO dan Founder dari Praetorius Technology & Innovation Gmbh ini memenangkan penghargaan bergengsi “Inventor Award” dari Pemerintah Federal Jerman pada tahun 2011 yang lalu. Selain pakar competitive intelligence yang bersangkutan juga merupakan ahli computer science dan manajemen dari Universitas di Inggirs dan Amerika.

Pembangkit tenaga air tersebut di buat dari bahan-bahan yang berbiaya rendah namun berbasis tehnologi tinggi. Penemuan pembangkit tenaga listrik yang sudah di Patenkan tersebut diharapkan bisa menjawab kebutuhan listrik di pelosok-pelosok pedesaan yang belum terjangkau oleh PLN.

Juga dibahas dalam pertemuan tersebut kemungkinan untuk alih tehnologi dan memproduksi komponen-komponen pembangkit tenaga listrik tersebut di Kota Padang. Kota Padang diharapkan dapat menjadi pilot project pembangkit listrik tenaga air yang berbasis aliran arus air ini di Sumatera Barat.

Mr Jorg sendiri telah menyatakan kesanggupannya untuk datang ke Kota padang guna merakit dan mempersentasikan alat tersebut serta melatih tenaga-tenaga lokal agar dapat berkompeten dalam pengoperasian dan perakitan pembangkit listrik tersebut. Wakil Walikota Padang Mahyeldi juga meminta Mr. Jorg untuk melengkapi spesifikasi, nilai jual produk serta sarana yang diperlukan untuk pengoperasiannya, kata Richard.

Selain pembangkit tenaga listrik, juga ditawarkan berbagai macam inovasi penemuan baru di bidang teknologi lainnya seperti lampu jalan yang menggunakan teknologi solar cell (cahaya matahari) dan penyaring air teknologi tinggi yang mampu menyaring air laut atau air limbah menjadi layak minum. Rcd

Post a Comment

Previous Post Next Post