Kerjasama Padang - Hildesheim Terajut

Nn, Padang -- Jumat 10 Februari 2012 kerjasama sister city Padang dan Hildesheim Jerman dirajud kembali. Dihadiri Wakil Wakil Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, Sp, Pemerintah Kota Hildesheim mengadakan malam pengalangan dana sekaligus malam informasi tentang Kota Padang. 

Acara ini digagas Walikota Hildesheim Dr. Kurt Machens  didukung penuh oleh Konsulat Jendral RI di Hamburg, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Berlin, Organisasi Kemanusiaan MER-C Jerman dan HAWK University Hildesheim (Perguruaan Tinggi yang sudah menjalin kerjasama dengan Universitas Bung Hatta sejak tahun 1988) dan masyarakat Minang dan Indonesia yang berdomisili di Jerman.

Melalui realis yang dikirim  Kabid Humas Pemko Padang Richardi Akbar, S. Sos, dijelaskan, malam penggalangan dana dan Informasi ini merupakan wujud perhatian dan kepedulian Pemerintah Kota Hildesheim terhadap Kota Padang sekaligus untuk memberikan informasi terkini kepada masyarakat Kota Hildesheim tentang keadaan Kota Padang pasca gempa tahun 2009 yang lalu.

Masyarakat Kota Hildesheim pada tahun 2009 yang lalu pasca gempa juga secara spontan mengumpulkan dana dan mengirimkannya ke Kota Padang. 

Dana yang terkumpul pada acara tersebut akan diserahkan kepada MER-C Frankfurt untuk seterusnya akan disalurkan ke Kota Padang untuk pembangunan sekolah dan rumah sakit yang tahan gempa. 

Pada acara malam Dana dan Informasi tersebut, dari Pemerintah Kota Padang mewakili Walikota Padang hadir Wakil Walikota Mahyeldi SP yang didampingi oleh H.Hervan Bahar (Kepala Bappeda Kota Padang), H.Dian Fakri (Kepala TRTB Kota Padang), Hendri Agung I (Staf Pribadi Walikota).

Turut hadir Konsulat Jendral RI di Hambur Ibu Marina Estella Anwar Bey dan Atase Pendidikan KBRI Berlin Bpk. Yul Y. Nazaruddin. Sehari sebelum malam penggalangan dana ini, Ibu Konjen RI di Hamburg telah mengundang Wakil Walikota Padang beserta rombongan untuk makan malam di kediaman resmi Konsulat Jendral RI di Hamburg. Selain beramahtamah, pada acara makan malam tersebut juga didiskusikan obyek-obyek yang berpotensi untuk kerjasama Sister City Padang - Hildesheim

Dari pihak tuan rumah, Pemerintah Kota Hildesheim diwakili oleh Mrs. Beate Konig Deputy Walikota Hildesheim beserta jajaran, Prof. Dipl. Ing. Burkhard Bretschneider dan Prof. Dr. Ing. Hans-Peter Leimer dari Hawk University Hildesheim dan Dr. Mohamad Adam yg merupakan perwakilan dari MER-C Jerman.

Selain acara malam dana, Pemerintah Kota Hildesheim telah menjadwalkan beberapa agenda pertemuan bagi delegasi Kota Padang yang dipimpin Wakil Walikota Padang H. Mahyeldi untuk membahas peningkatan kerjasama Sister City Padang – Hildesheim. Adapun agenda pembahasan yang telah diusulkan oleh Pemerintah Kota Padang ialah: Peningkatan kerjasama antara Unversitas HAWK Hildesheim dan Perguruan Tinggi di Kota Padang diantaranya Universitas Bung Hatta, Univ Andalas dan Perguruan Tinggi lainnya. 

Kerjasama di bidang pertukaran Mahasiswa, Program Double Degree dan lain sebagainya. Termasuk mebahas peluang pengiriman Staf Pemko Padang ke Hildesheim untuk mengikuti pendidikan (short course) di bidang manajemen lingkungan, pengolahan limbah, sanitasi, tata ruang.

Sebagai informasi Hubungan Sister City Kota Padang – Hildesheim akan memasuki usia yang ke 25 tahun atau ¼ abad pada tahun 2013 nanti. Semoga hubungan Sister City Padang – Hildesheim yang sempat renggang pasca musibah gempa 2009 dapat ditingkatkan kembali agar dapat membawa kemajuan di segala bidang bagi Kota Padang. Rcd

Post a Comment

Previous Post Next Post