ITP Ciptakan Pengering Ikan

Nn, Padang – Sebagai salah satu Fakultas Teknologi Industri di Kota Padang, Institut Teknologi Padang (ITP) terus bergerak dan berupaya menciptakan teknologi yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat banyak dan Negara.

Apalagi Indonesia merupakan Negara maritime dengan hasil lautnya yang berlimpah. Sangat ironis apabila bangsa sendiri tidak bisa mengelola dan memanfaatkannya dengan baik.

Salah satunya melalui tangan dingin M. Yahya salah seorang dekan ITP yang berhasil membuat alat pengering ikan untuk nelayan. Degan alat ini, hasil tangkapan nelayan untuk dijadikan ikan kering tidak menggunakan cahaya matahari lagi, akantetapi cukup menggunakan alat tersebut dengan proses yang cepat tanpa mengurangi kualitasnya.

Kita tahu, kecenderungan para nelayan untuk menjemur hasil lautnya, selalu menggunakan tenaga surya atau memanfaatkan bahan bakar. Kondisi demikian tentu membutuhkan waktu dan biaya yang lebih besar. Sehingga perbandingan hasil kerja dengan laba yang didapat tidak seimbang lagi.

Oleh karena itu, melalui alat ciptaan ini, diharapkan kesejahteraan ekonomi nelayan akan lebih ditingkatkan. Sehingga tidak ada istilah "nelayan miskin" di Indonesia, ujarnya. Aan
View
Previous Post Next Post