Kecelakaan Meningkat, Pelanggaran Tilang Turun

Nn, Padang – Dibanding tahun 2010, operasi ketupat untuk pengamanan lebaran yang digelar Polda Sumatera Barat yang dimulai semenjak tanggal 23 Agustus dan berakhir 5 September 2011 dapat dikatakan berhasil. 

“Ini dilihat dari sisi tingkat pelanggaran, sedangkan dari tingkat kecelakaan malah berbanding terbalik” ucap Dirlantas Polda Sumatera Barat melalui Kasubdid Bin Gakkum AKBP. H.Hermanto Kasban, SH  dan juga didampingi oleh Kasi Lakalantas Ditlantas Polda Sumatera Barat AKP.A Yani,P. M.Si sore tadi dihadapan para wartawan diruang kerjanya.

Berdasarkan data yang masuk dari seluruh Polisi Resort (Polres) di 19 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat, maka diperoleh jumlah kejadian sebanyak 130, dengan korban yang meninggal dunia 32 orang, luka berat 72 dan luka ringan sebanyak 144 orang. Diperkirakan kerugian yang dialami korban sebesar Rp. 366.500 juta.

Artinya, apabila diambil perbandingan dari tahun sebelumnya, maka pada tahun 2011 ini terjadi peningkatan kecelakaan dengan persentase sebesar 16 persen. 

Kondisi demikian disebabkan, karena pemakai kendaraan dan jumlah kepadatan penduduk, tidak seimbang lagi dengan volume badan jalan yang dilewati, ucapnya.
Sementara pada tingkat pelanggaran tilang, malah sebaliknya. Yaitu terjadi penurunan sebesar 13 persen, dengan total tilang sebanyak 1511 buah. Hal ini juga disertai dengan mulai tingginya kesadaran masyarakat akan tata tertib berlalu lintas. 

Tentunya penurunan ini akan terus ditekan, dengan cara terus menerus mensosialisasikan tata tertib berkendaraan yang baik kepada masyarakat, harapnya. **

Post a Comment

Previous Post Next Post