Kunjungan Wisatawan Batusangkar Meningkat

Nn, Batusangkar-- Kabupaten Tanah Datar adalah salah satu kawasan yang juga di lewati oleh peserta Tour de Singkarak. Umumnya 80% wilayahnya dilalui pada ajang Tour de Singkarak kali ini. Tanah Datar yang juga dikenal sebagai Kota Budaya ini memiliki banyak tempat wisata. Yang sudah mulai banyak dirambah oleh para wisatawan.

Jumat (10/6) peserta TdS sampai di kota budaya ini sekitar pukul 14.00 Wib.Antusias masyarakat  terlihat cukup meriah. Hal ini tampak dari ramainya masyarakat yang menunggu kedatangan peserta TdS disepanjang jalan yang dilalui.

Begitu peserta Tds datang suara Talempong dan beberapa alat musik khas Minangkabau menyambut kedatangan mereka. Alat di musik ini dimainkan oleh siswa-siswi sekolah dasar yang ada di Tanah Datar. Saking senangnya mereka sampai teriak dan bernyanyi.

Hal ini juga terlihat pada hari sabtu (11/6) sambutan yang lebih meriah diperlihatkan oleh warga kota Budaya ini. DIsepanjang jalan yang dilalui terlihat kerumunan masyarakat yang menyaksikan Event akbar yang diadakan satu kali setahun ini.

Menurut Ahdal Fikri (20) salah satu warga Batusangkar, Sambutan kali ini lebih meriah dibandingkan tahun lalu, hal ini karena promosi dari pemerintah setempat cukup bagus. Sebelum mencapai garis finish peserta melalui beberapa tempat wisata seperti, Batu Batikam, Pasar tradisional,Batu Basurek, Kuburan Rajo, Silindung Bulan dan baru mencapai finish di Istana Basa.

Tak jauh berbeda ketika peserta sampai di garis finish peserta disambut dengan Marching Band dari Salah satu sekolah menengah Atas ternama di kota Batusangkar, juga disambut kembali oleh talempong yang suaranya cukup indah ini.

Dan juga para peserta disambut dengan jamuan makan siang di ruangan Istano Basa tersebut. Makan siang kali ini hasil dari kerja keras para ibu-ibu Pkk dan juga para Bundo Kanduang.

Lebih jauhnya TdS kali ini juga meningkat perekonomian masyarakat, hal ini terlihat dari berbondong-bondongnya masyarakat yang datang ke Istano Basa tersebut untuk menyaksikan para peserta Tds, ataupun masyarakat yang datang untuk berjualan kesana.

Pagaruyung merupakan salah satu ikon wisata di Kota Batusangkar. masyarakat berharap dengan adanya TdS, tingkat wisatawan baik itu manca negara atau pun lokal dapat lebih meningkat dari tahun ke tahun. Menurut mereka sejak TdS diadakan jumlah wisatawan di Pagaruyung sendiri cukup meningkat. Vivi

Post a Comment

Previous Post Next Post