Saruaso Kembangkan Padi Varietas Unggul

Nn, Batusangkar -- Varietas unggul baru logawa dan Tukad Unda sudah diuji cobakan diberbagai kondisi, hasilnya jauh lebih baik dari Varietas sebelumnya, dimana produksi yang diperoleh sebesar 8 ton dengan usia panen lebih singkat.

Hal demikian disampaikan Kepala BPTP Sumbar, DR.M. Pramayufdi pada acara tanam padi perdana varietas unggul baru logawa dan Tukad Unda  dan syukuran di  areal sawah Taruko Saruaso.

Dijelaskan Pramayufdi, Paritas unggul baru, produktivitasnya lebih tinggi, dengan resiko yang sangat sedikit, lebih baik dengan menggunakan pupuk organik.juga kelompok tani Taruko Saruaso juga dapat pula mengembangkan benih padi varietas unggul ini dan menjadi produsen benih logawa dan Tukad Unda di Tanah Datar.  

Penanaman perdana ditandai oleh Bupati Tanah Datar, M. Shadiq Pasadigoe yang didampingi Kepala Dinas Kepala BPTP Sumbar,  DR.M. Pramayufdi, Kepala Dinas PTP Tanah Datar, Edi Armand an ketua DPRD.
Pada kesempatan itu, M. Shadiq menyatakan agar masyarakat tidak ragu-ragu untuk melakukan percobaan di Tanah Datar, karena  varietas ini sudah diuji coba didalam berbagai situasi terlebih dahulu dengan hasil yang lebih baik.

"Untuk melakukan uji coba varietas unggulan logawa dan Tukad Unda ini kalau perlu dilakukan disawah milik saya yang terletak di Simpurut", Ungkap Bupati optimis. Rf

Post a Comment

Previous Post Next Post