Pertemuan Wagub Sumbar Bersama Pimpinan Golden Leaf Farm (4)

Nn, Bali -- Pimpinan Golden Leaf Farm,organic Agriculture Dipl. Kfm. Johannes H. Hassanusi dalam pertemuan singkat menyampaikan, 40-50 tahun lalu kita tidak pernah mendengar adanya berbagai penyakit kanker dan semua itu berawal dari pengaruh  dari makanan.  Ini semua tidak dapat disangkal betapa pupuk an organic yang mengandung banyak kimia telah juga mempengaruhi hasil produksi tanaman.

Selain itu pupuk anorganic juga telah membuat yang membuat pangan merosotnya produktivitas dan kualitas lahan untukberproduksi disektor primer. Selainitu inovaso biotek dan adopsi tehnologi benih hasil rekayasa genetik, tanpa disadari telah membuat masalahbaru dengan terjadinya degradasi tingkat kesuburan tanah dan menimbulkan ledakan serangan hama yang semakin dahsyat yang sulit ditanggulangi. Di sisi lain ada kejenuhan akibat pengunaan pupuk pestisida yang berlebihan  yang menimbulkan kerusakan pada tanah dan diikuti oleh peningkatan biaya produksi. 

Dilain sisi terjadinya degradasi kualitas hidup manusia secara menyeluruh akibat dari keamanan pangan yang semakin merosot, ungkapnya.

Johannes juga memyampaikan, saat ini muncul tren keamanan pangan melalui pengunaan pupuk organic merupakan solusi dan pilihan masyarakat untuk hari ini. Gerakan Gaya Hidup Sehat dengan tema kembali kea lam ( Back to Nature) menjadi Tren Filosofi Kehidupan yang baru, dimana manusia ingin menemukan keseimbangan ekologi tubuh dengan ekologi alam yang mulai rapuh.

Oleh karena itu kami di Golden Leaf Farm melakuan produksi sendiri terhadap pupuk organic dengan system revitalisasi peranan mikroba tanah sebagai pendukung kesuburan tanah dan pengendaliaan keseimbangan lingkungan yang ada. Pembuatan pupuk organic yang kami lakukan melibatkan kotoran ternak dan sisa tanaman sebagai kompos dan menghindari pemakaian pupuk kimia. 

Kita menyadari pemakaian pupuk organic dalam mengembalikan kondisi tanah seperti semula membutuhkan waktu dan penyesuaian yang ada. Selain itu kita juga melihat pengunaan pupuk organic dibeberapa tanaman produksi berkurang beberapa persen dari pemakaian pupuk anorgnik .

Oleh karena itu, jaminan harga bagi masyarakat dalam memproduksi tanaman organic, perlu didukung oleh kebijakan pemerintah, menaikan harga dan sosialisasi akan kebaikan mengkunsumsi tamanan yang memakai pupuk organic, harapnya. 

Wagub Muslim Kasim dalam kesempatan terbut juga menyampaikan, keberhasilan seperti perusahaan perkebunan Golden Leaf Farm,ini bisa menjadi motivasi masyarakat petani dan pengusaha pertanian Sumbar untuk bangkit dan berinovasi lebih baik lagi, seiring dengan persaingan global. Sungguhnya banyak lokasi di kabupaten /kota se Sumbar yang memiliki lahan-lahan seperti ini...................(bersambung)
Previous Post Next Post