Perjalanan Wagub ke Pertanian Organik (3)

Nn, Bali -- Perjalanan kunker Wakil Gubernur Muslim Kasim dan rombongan diteruskan ke lokasi pertanian organic dengan ketinggian 700 - 900 meter diatas permukaan laut di selepas  Danau Temling Desa Wanagiri Bedagul - Bali , di Golden Leaf Farm. Saat memasuki daerah yang kesejukan hamper sama dengan kondisi Alahan Panjang Kabupaten Solok , terasa nuasa sejuknya pergunungan ,walau rombongan di sambut hujan gerimis Wagub Muslim Kasim melanjutkan perjalan kelokasi perkebunan dan pengolahan sayur organic tersebut.

Ini semua berguna bagi kemajuan perkembangan tanaman organic di Sumatera Barat yang relative masih belum berkembang secara baik maupun dalam segi kemasan untuk meningkatkan kualitas harga dan kesejahteraan petani. Produksi tanaman organic Sumbar masih belum semua mampu meproduksi sesuai dengan standar yang diminta pelangan dan pasar, padahal kondisi alam dan potensi yang dimilik jika dioptimalkan akan memampu menghasilkan produksi yang lebih baikdan memilkiki kekhasan sendiri.

Ketika penulis mencari informasi dan menanyakan pada salah seorang staf Golden Leaf farm ,  Wayan Hadi, perkembangan  perkebunan organic  Golden Leaf Farm dengan luas 9,8 Ha ini memproduksi 70 macam jenis sayur-sayuran dan 116 tanaman herbal. Perkebunan yang mempergunakan pupuk organic dari semua hasil perbulana yang diperoleh sekitar Rp. 250 juta perbulan, itu memenuhi permintaan hotel-hotel yang ada diBali dan Jakarta.

Dalam pengolahan hasil produksi ada sekitar 20 persen sotiran yang kemudian dijadikan sebagai bahan kompos, dalam arti kata dalam menjamin kualitas produksi Golden Leaf Farm, tetap memperhatikan kreteria bentuk hasil produksi,untuk tidak mengecewakan para pelangan dan konsumen,ujarnya sambil memperlihatkan beberapa bentuk sotiran produksi sebelum dikemas secara baik.

Hingga sampai saat ini pasokan kebutuhan pasar belum dapat dipenuhi secara maksimal, sehingga kami mensuplay produksi sesuai dengan apa yang kami mampu. Sehingga nilai harga produksi tanaman organic  lebih mahal tanaman anorganik, tentu hasil ini dapat membantu usaha kami untuk berjalan dengan baik,katanya...................(bersambung)
Previous Post Next Post