Redaksi | Etika Media Cyber
Selasa, 26 April 2011

Nn, JawaBarat -- Belum puas dengan kunjungan di Bali dan NTB, Wagub Muslim Kasim dan rombongan juga melakukan kunjungan kerja ke lokasi Pabrik pengolahan Saus Tomat, Cabe dan Tepung Ubi Ketela, di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Kunjungan ini ingin menuntaskan berbagai olahan produksi saus tomat dan cabe, sebagai upaya memaksimalkan hasil produksi pertanian masyarakat, sehingga nantinya dapat mengairahkan kehidupan pertanian di Sumbar.

Saat pertemuan di PT. Mitra Anekafood di Desa Babakan Mulya Kec. Jalaksana Kuningan Jabar yang telah bermitra dengan Indofood dalam memproduksi sambal, sauce, sirup, kecap, dan bumbu penyedap. Dalam kesempatan tersebut Muslim Kasim menyampaikan, kedepan pemprov Sumbar ingin melakukan kerjasama produksi hal yang serupa di Sumbar. Ibaratnya PT Mitra Anekafood dapat pula berdiri dan berproduksi di Sumatera Barat. Kita akan fasilitas semua itu, karena produksi pertanian masyarakat Sumbar sangat mampu mendukung bahan-bahan produksi, ujarnya

Pimpinan PT. Mitra Anekafood, H. Nono Hartono dalam kesempatan itu menyampaikan, kami bersedia melakukan penambahan pabrik pengolahan di Sumbar sebagai upaya pengembangan produksi. Namun kita juga berharap ada mudahan dalam operasional dan pembangunan lahan pabrik nantinya.

Karena selama ini kami dengan begitu sulitnya urusan yang mesti dilalui dalam pembangunan Pabrik di berbagai daerah, diera otonomi saat ini. Namun sebelumnya kami akan membicarakan pada tingkat pimpinan, sehingga memudahkan kami dalam memproses pendirian pabrik tersebut di Sumbar. Minimal dan dua minggu mendatang kami, telah memiliki keputusan dan pendapat dalam pengembangan pabrik ini, harapnya.

Untuk itu pemprov Sumbar akan melakukan kunjungan resmi pada dua minggu mendatang yang dipimpin oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan, Ir. Syahrial Syam, serta beberapa instansi terkait.

Ketika Wagub Muslim Kasim dan rombongan meninjau PT Galih Estetika, Agribusiness Exporter di Cilinus Kab. Kuningan Jabar. Melihat bagaimana ubi ketela pohon (ubi jalar) diolah menjadi tepung yang dapat menjadi tambahan pada makan lain. Di daerah kuningan ini produksi ubi jalar merupakan produk pertanian yang menjadi idola masyarakat sekitarnya.

Telah banyak olahan jenis ubi jalar yang dikembangkan didaerah ini, diantaranya Ubi Ace merupakan jenis ubi produksi pertanian khas daerah cermai, kemudian Ubi Cokkay dari jenis yang ada di Jepang, serta pengembang jenis baru dengan nama Manohara yang makin populer masyarakat Kuningan Jabar. Zardi
Content 3
Content 4
 
Copyright © nusantaranews.net All Right Reserved