PNPM RE Kompak Pariaman Bangun 352 Rumah

Nusantaranews, Kota Pariaman – Sebanyak 352 kepala keluarga (KK) di 52 desa kelurahan Kota Pariaman, mendapatkan bantuan pembangunan rumah ramah gempa dari RE Kompak dengan anggaran masing-masing sebesar Rp. 20 juta. Yang nantinya pembangunan harus sesuai aturan dari RE Kompak, ucap kordinator PNPM RE KOMPAK Kota Pariaman Dodi Primadi St. pada wartawan nusantaranews.net diruang kerjanya.

Didalam memberikan bantuan, RE Kompak tidak gegabah, sebab ada semacam kategori yang harus terpenuhi oleh penerima bantuan. Pertama, warga miskin prasejahtera /PS2 dan menjadi korban gempa 2009, kedua mempunyai kepemilikan atas rumah pendudukan yang sah, tiga mempunyai atas hak penggunaan tanah, empat tidak menerima bantuan atau sedang menerima bantuan, kelima berniat membangun kembali dan menetap dilokasi semula serta bersedia mengikuti aturan.

“untuk tahap pendataan yang dimulai pada November dan berakhir bulan Desember 2010 telah selesai. Sekarang, tinggal tahap pelaksanaan yang sudah berjalan, mulai dari pemasangan pondasi sehingga sampai selesai,”.

Sebenarnya, dana yang berasal dari Bank Dunia adalah dana pemancing bagi masyarakat untuk tipe rumah 21. Namun jika masyarakat ingin menaikkan tipenya menjadi lebih besar, maka harus dikerjakan berdasarkan swadaya mereka.

Dengan target berakhir Mai atau Juni, sebanyak 352 rumah ini berkemungkinan telah siap. Dengan harapan, dapat memancing atau memotivasi peranan masyarakat dan pemerintah untuk pembangunan. Junaidi

Post a Comment

Previous Post Next Post